Cara menghilangkan Adware yang Membandel

Courtesy of google.com

Adware atau dikenal juga dengan istilah advertising-supported sofware adalah perangkat lunak yang biasa dipakai untuk menghasilkan iklan sesuai dengan minat dari pengguna internet. adware memonitor situs internet yang dikunjungi pengguna dan menampilkan iklan sesuai dengan kebutuhan pengguna internet. Sebenarnya adware memiliki tujuan yang baik untuk konsumen, namun tentu saja pihak-pihak terkait memanfaatkannya dengan tujuan yang tidak bertanggung jawab. Sebagai contoh dengan menyusupkan iklan yang tidak di inginkan atau biasa disebut malware (malicious software).

Adware yang disusupi oleh malware biasanya sangat mengganggu pengguna, karena komputer atau laptop yang terkena adware ketika digunakan akan muncul pop-up dengan iklan yang ga jelas secara tiba-tiba dan bahkan tidak bisa ditutup. Selain itu ketika browsing, yang muncul bukan situs yang diharapkan tapi situs yang tidak jelas asal usulnya. Tidak cuma itu,  adware yang tersusupi oleh malware juga berpotensi membawa virus yang merugikan pengguna, karena bisa merusak dokumen-dokumen atau mengambil password-password pengguna.  

Selain malware, adware yang ilegal juga bisa disusupi oleh spyware. Berbeda dengan malware, cara kerja spywware adalah dengan mengirimkan aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh pengguna komputer/laptop. Spyware juga dapat mencuri dokumen, password, foto-foto, dll. Dokumen, password, atau apapun yang dicuri oleh spyware biasanya dipakai untuk tindak pidana, sebagai contoh pembobolan rekening, penipuan, dll.

Lantas bagaimana cara menghilangkan adware tersebut yang telah disusupi malware atau spyware? Banyak sekali software-software yang beredar dipasaran yang dapat menghilangkan adware, baik perbanyak ataupun gratis. Kebanyakan antivirus sekarang mampu menghilangkan adware seperti antivirus, bitdefender, kaspersky, avg,dll, atupun dengan antivirus lokal seperti halnya PCMAV, dll

Namun saya menyarankan menggunakan fasilitas yang gratis saja, tidak perlu berbayar. Pilihan saya kali ini menggunakan bitdefender adware remover. Mengapa? Karena gratis, file ukuran kecil, simple, mudah.

Kalian bisa langsung mendownload di alamat http://www.bitdefender.com/solutions/adware-removal-tool-for-pc.html

Sekian, terimakasih.
Share on Google Plus

About ITBKES MuTu Blog

Penulis adalah seorang yang hobi dengan dunia Teknologi. Seorang yang suka mengoprek "PC/software" dan reparasi elektronik.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com