Apa Itu Ranitidin?

courtesy google.com

Ranitidine adalah obat yang biasa di resepkan oleh dokter untuk mengurangi gejala atau penyakit yang diakibatkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan. Asam lambung yang berlebih dapat meningkatkan resiko iritasi pada dinding lambung atau biasa disebut penyakit tukak lambung, selain itu juga dapat menyebabkan nyeri hulu hati, dll.
Ranitidine bekerja sebagai histamin H2-receptor yang bekerja berlawanan mencegah produksi asam lambung berlebih.

TENTANG RANITIDIN / RANITIDINE :
Ranitidine ditemukan dan dikembangkan oleh para peneliti di Institut farmasi Glaxo atau sekarang bagian dari GSK. Ranitidine memiliki rumus kimia C13H22N4O3S  dengan massa molar 314,4 g/mol


PENGGUNAAN RANITIDINE
1. Gangguan pencernaan asam
2. Terapi pemeliharaan ulkus lambung dan usus 12 jari
3. Diberikan dengan NSAIDs untuk mengunari resiko ulserasi
4. Untuk mencegah asam-aspirasi pneumonitis selama operasi
5. Untuk mencegah kekambuhan ulkus duodenum pasca operasi, dll

GOLONGAN OBAT
- Obat Resep

BENTUK OBAT
- Tablet
- Kapsul
- Bubuk
- Cairan baik diminum atau disuntikkan

PEMAKAIAN
Obat hanya untuk Dewasa dan anak-anak dengan umur diatas 3 tahun dan minimal berat badan 30 Kg. Dosis maksimal adalah 300 mg per hari setelah  atau sebelum makan, dosis bisa dibagi dua atau diminum sekaligus tergantung pada kondisi pasien dan responnya.
Selama mengkomsumsi obat ini sangat di anjurkan untuk menghindari makanan yang dapat meningkatkan asam lambung seperti halnya cokelat, kopi, minuman beralkohol, makanan pedas, tomat, rokok.,

PERBEDAAN DENGAN OBAT ANTACID
Antasid berperan untuk menetralkan asamlambung berlebihan namun tidak dengan volumenya, sedangkan ranitidine bekerja dengan mengurasi volumenya. Pemakaian Ranidine dengan obat Antacid dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja obat.

EFEK SAMPING RANITIDINE
Efek samping ranitidine sangatah jarang, karena tubuh biasanya cepat dalam menyesuaikan diri, namun beberapa efek yang kemungkinan bisa terjadi adalah sakit kepala, sakit perut, muntah-muntah, urin keruh.

Disarankan untuk konsultasi dengan dokter sebelum memakai obat.

Share on Google Plus

About ITBKES MuTu Blog

Penulis adalah seorang yang hobi dengan dunia Teknologi. Seorang yang suka mengoprek "PC/software" dan reparasi elektronik.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com