Muatan inti efektif ( Zeff)

Muatan inti efektif adalah muatan inti total karena adanya gaya tarik antara inti dengan elektron yang dipengaruhi gaya tolak antar elektron yang melindungi inti dengan elektron terluar yang dilambangkan dengan Zeff. Efek pemerisaian adalah  efek yang ditimbulkan akibat adanya tolakan antar elektron antar atom yang melindungi inti dengan elektron terluar.
Efek pemerisaian ini terjadi karena elektron-elektron terluar pada atom berusaha untuk memposisikan diri pada keadaan terstabilnya. Efek pemerisaian ini berguna untuk memprediksikan panjang jari-jari dari suatu atom, karena dengan mengetahui efek pemerisaian (shielding effect) maka kita dapat menghitung muatan inti efektif (Zeff).


Aturan dalam penentuan efek pemerisaian.

Zeff = Z - S

dimana,
Zeff  = muatan inti efektif
Z  = Jumlah proton dalam atom (no atom)
S = Pemerisaian elektron


Aturan 1 - Kelompokkan orbital atom sesuai pada kelompoknya dengan memberikan tanpa kurung, di ikuti dengan banyaknya elektron yang menempati kulit.
contoh :

Mg = 1s22s22p63s

menjadi,
(1s)2(2s2p)8(3s)2

Aturan 2 - kulit terluar tidak menamengi elektron sebelumnya, sehingga diabaiakn. Lihat pada konfigurasi elekton Mg, kulit terluar adalah 3s dengan banyak elektron yang menempati 2. 1 elektron dari kulit terluar 3s tidak menamengi elektron sebelumnya sehingga pada perhitungan hanya 1 elektron yang dipakai. dapat kita simpulkan untuk kulit terluar banyaknya elektron dikurangi 1 (n-1)
Aturan 3 - harga efek pemerisaian dihitung dari elektron terluar dahulu sehingga jika kita lihat konfigurasi atom Mg maka perhitungan dari 3s dulu baru elektron selanjutnya. Harga pemerisaian untuk elektron terluar s dan p adalah 0.35. Harga kulit (n-1) adalah 0.85 dan harga kulit n-2 adalah 1.

contoh:
S Mg = (elektron (kulit terluar (kulit ke 3 (3s))x0.35) + (elektron (kulit ke 2 ( 2s2p) x 0.85 ) + (elektron kulit ke 1 (1s) x 1)

sehingga,

S Mg = 1 x 0.35 + 8 x 0.85 + 2x1 = .....
Zeff = Z - S

Aturan 4 - untuk harga efek pemerisaian untuk orbital d dan f adalah 0.35, kulit selanjutnya (n-1) atau (n-2) dan seterusnya langsung dikalikan dengan 1

Fe = 1s22s22p63s23p64s23d6
Fe3+ = (1s)2(2s2p)8(3s3p)8(3d)5

Perhitungan menjadi
S Fe = 5 x 0.35 + 18 x 1
Share on Google Plus

About ITBKES MuTu Blog

Penulis adalah seorang yang hobi dengan dunia Teknologi. Seorang yang suka mengoprek "PC/software" dan reparasi elektronik.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com