Hewan Vertebrata dan Invertebrata

A. PENDAHULUAN

Secara garis besar, dunia hewan (kingdom Animalia) dibagi menjadi dua, yaitu vertebrata dan invertebrate.
Vertebrata adalah istilah untuk hewan bertulang belakang, sedangkan invertebrate adalah istilah untuk hewab yang tidak bertulang belakang
Hewan invertebarata terdiri dari 2 golongan, yaitu protozoa dan Metazoa. Protozoa adalah hewan bersel satu, sedangkan Metazoa adalah hewan bersel banyak

Kebanyakan para ahli biologi menggolongkan Protozoa bersama-sama dengan alga dalam kingdom Protista. Metazoan yang meliputi Porifera,Ctenophora, Cnidaria, Platyhelminthes,Nematoda, Annelida, Molusca, Arthropoda, Echinodermata, dan Chordata digologkan dengan hewan, dengan cirri-ciri umum:

1. Multiseluler
2. Heterotrof
3. Eukariotik
4. Tidak berdinding sel
5. Tidak beklorofil
6. Hidup di darat maupun di air

Metazoa adalah organisme bersel banyak yang terbentuk melalui spesialisasi fungsi kerja sel-sel. Sel-sel tertentu terspesialisasi membentuk system organ. Akhirnya system organ akan menyusun satu individu.
Metazoa dikelompokkan lagi anatara lain berdasarkan simetri tubuhnya dan lapisan penyusun tubuhnya

1. Simetri tubuhnya
a. Simetri Bilateral

Istilah inimenggambarkan hewan yang bagian tubuhnya tersusun bersebelahan dengan bagian lainnya. Jika diambil garis memotong lewat mlut dan anus hewan simetri bilateral akan didapatkan bagian yang sama antara sisi kiri dan sisi kana. Hewab bersimetri bilateral selian memiliki puncak (oral) dan sisi dasar(aboral), juga mempunyai sisi atas (dorsal) dan sisi bawah(vebtral), sisi Kepala(anterior) dan sisi ekor(posterior), serta juga sisi samping(lateral)

b. Simetri Radial

Istilah simetri Radial menggambarkan hewan yang mempunyai bagian tubuh yang tersusun melingkar(bulat). Jika diambil garis lewat mulut akan menghasilkan bagian-bagian sama. Hewan dengan simetri radial hanya mempunyai bagian puncak(oral) dan bagian dasar(sisi aboral). HEwan yang termasuk golongan ini adalah Porifera, Cnidaria, dan Echinodermata. HEwan yang mempunyai simetri radial disebut radiate

2. Lapisan Tubuhnya
Jumlah lapisan tubuh hewan dibedakan menjadi 2 yaitu, diplobastik dan triplobastik, dikatakan diplobastik apabila lapisan pembentuk tubuh memiliki dua lapis cth: cnidaria dan dikatakan triplobastik apabila lapisan pembentuk tubuh terdiri atas 3 lapis. Lapisan terluar disebut ektoderma, lapisan tengah disebut mesodermadan lapisan dalm disebut mesoderma. Ektoderma berkembang menjdi usus dan kelenjar pencernaan; dan endoderma berkembang menjadi jaringan otot dan jaringan tubuh lainnya.

A. PORIFERA

Porifera bersal dari kata porus yang berarti lubang kecil dan ferre yang berarti membawa atau mengandung. Jadu Porifera dapat diartikan hewan yang tubuhnya mengandung lubang-lubang kecil atau hewan berpori-pori.

1. Ciri hewan Porifera:
Ciri-ciri hewan ini berupa tubuh yang berpoi-pori mikroskopis. Dalam fase hidupnya, Porifera mengalami dua bentuk kehidupan yaitu hisup berenang bebeas dan hidup menetap. Bentuk yang dapat berenang bebas adalah bentuk larva ,sedangkan bentuk sesil terjadi pada fase dewasa. Forifera belum memiliki organ pencernaan,system saraf, dan system peredaran darah
Share on Google Plus

About ITBKES MuTu Blog

Penulis adalah seorang yang hobi dengan dunia Teknologi. Seorang yang suka mengoprek "PC/software" dan reparasi elektronik.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com