Microsoft Andromeda OS, Project modular Windows 10 untuk generasi mendatang



Windows bisa dibilang merupakan OS yang sudah tua di dunia teknologi, dan sekarang telah menginjak 30 tahun semenjak peluncurannya. Umur ini menjadikan OS windows memiliki fitur, fungsi, dan komponen yang membanjiri OS-nya dimana beberapa perangkat saat ini kemungkinan tidak membutuhkannya. Pada industri dimana perangkat baru diperkenalkan setiap saat, Windows sendiri terlalu tua, dan berat untuk dapat di adaptasi oleh perangkat baru tersebut (seperti pada perangkat smartwatch). Masalah ini menjadikan Microsoft bekerja keras secara internal untuk mengatasi hal ini

OS project "andromeda" merupakan keranagka dasar Windows masa depan yang menjadi langkah monumental Windows 10 sebagai OS yang benar-benar Universal. Singkatnya Operating System "Andromeda" bisa disebut sebagai OS yang bisa bekerja lintas platform pada perangkat apapun atau arsitektur hardware apapun, yang dapat ditingkatkan fungsionalitasnya sesuai dengan perangkatnya  sehingga menigkatkan fitur dan pengalaman pengguna

 Bahasa kerennya, tujuan utama projek ini adalah membuat Windows 10 menjadi lebih fleksible, dan membuatnya bisa di instal(pasang) pada varietas perangkat yang luas tanpa harus memperhatikan variasi-variasi Windows 10. Sehingga, Windows 10 nantinya akan semakin ramping tergantung pada perangkatnya, alhasil kinerja OS akan lebih cepat, dan perangkat tidak akan dibanjiri oleh komponen dan fitur yang sebenarnya tidak berguna

Pada saat ini sistem cross platform windows 10 spesifik pada varian-varian windows. Contohnya, komponen Win32 merupakan komponen spesifik windows untuk perangkat desktop dan tidak ditemukan di Windows Mobile. Dengan OS andromeda ini, Microsoft ingin menghilangkan spesifik tersebut pada varian windows dan mengubah Windows 10 menjadi benar-benar platform modular dengan mengubah komponen OS. Sehingga varian Windows 10 yang sekarang seperti Windows 10 Mobile atau Windows 10 on Xbox tidak diperlukan lagi.


OS Andromeda mengijinkan Windows 10 untuk dapat dikonfigurasi dan dibangun pada perangkat spesifik tertentu tanpa harus memiliki varian tertentu dari windows. Hal ini memberikan pembuat hardware dan Microsoft fleksibilias untuk membangun versi Windows 10 dengan fitur yang berbeda dan fungsi, kecepatan dan effiseinalitas.

Apa gunanya untuk kita?

Saat ini Windows 10 memiliki beberapa varians dan bukan merupakan OS yang berbagi sistem antar perangkat. Sebagai contoh Windows 10 Mobile dan Windows 10 desktop merupakan dua varian sistem berbeda pada Windows 10. Sekarang, varian berbeda tersebut akan berbagi elemen universal, seperti OneCore (API yang sama) dan platform universal Windows, tapi OSnya sendiri sebenarnya tidak sama. OS andromeda menghilangkan varian-varian tersebut dan memberikan kita dasar universal untuk dapat membangun lebih lanjut (just like kernel in linux but it's not same). Sehingga jika kalian ingin windows pada ponsel pintar, kalian  hanya perlu menginstal windows 10 tanpa harus menggunkan windows 10 mobile, tentunya dengan komponen yang telah di sesuaikan.


Ya bisa dibilang hal ini hampir sama dengan yang telah microsoft lakukan pada windows continum dimana Windows 10 Mobile menyediakan paket terpisah kepada OEM (Manufaktur) dan memberikan pembuat hardware fleksibilitas untuk mengambil/memilih fitur OS dan Fungsinya yang akan ditanamkan pada perangkat.

Sekarang ini, jikalau OEM ingin membuat perangkat berjalan dengan windows, OEM harus memilih dari beberapa varian windows yang telah ada, termasuk pada Windows 10 Home, Windows 10 Pro, WIndows 10 S, Windows 10 Mobile, Windows 10 1oT, Windows Server dan banyak lainnya. Hal ini kadang kadang membuat pengembang hardware terbatas pada varian-varian yang telah ada, dan hanya dapat memilih fungsi dan fitur dari yang sudah ada untuk devicenya.

OS andromeda membuka jalan untuk configurasi baru dari windows yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan. Tentunya, Windows 10 Desktop SKUs seperti Pro dan Enterprise akan tetap ada, dengan fungsionalitas yang sama dan fitur yang kalian harapkan dari OS desktop. Microsoft tidak akan menghilangkan fungsionalitas tersebut dan tidak akan menekankan OS andromeda untuk desktop

Windows Central memahami bahwa pada pengenalan awal ini OS andromeda akan difokuskan pada ranah mobile device (perangkat mobile) dan direncanakan akan siap di tahun 2018. Sehingga secara teori Surface phone akan berjalan bukan dengan Windows 10 Mobile atau Windows 10 Desktop tetapai hanya dengan "Windows 10"

Dengan OS andromeda ini, Microsoft mengharapkan dapat membawa Windows menuju era abad ke-20 awal, dimana perangkat dengan semua bentuk, ukuran dan kemampuan kerja diperkenalkan pada waktu bersamaan. Saat ini windows tidak dapat berjalan pada semua perangkat karena terlalu besar dan berat. Varian windows 10 terkecilpun masih terlalu besar untuk beberapa tipe perangkat seperti jam tangan pintar (smartwatch)


OS andromeda pada generasi pertama akan ada untuk tipe mobile seperti telepon pintar, tablets, dan perangkat wearables (jam tangan, dll), sedangkan OS andromeda untuk desktop dan XBox akan datang setelahnya. OneCore dan Universal Windows platdorm merupakan elemen Windows 10 pertama yang menjadi universal, dan sekarang dengan OS andromeda ini dan CShell merupakan lompatan besar microsoft ke masa depan.

Perlu diperhatikan bahwa OS Andromeda ini bukan merupakan feature untuk dirilis ke konsumen, artinya microsoft tidak berencana untuk memasarkan secara terbuka. Platform ini secara internal membuat Windows lebih jauh fleksible, mengijikan Microsoft dan pembuat perangkat keras untuk membangun versi windows 10 sesuai keinginan

Bagaimana pendapat anda tentang OS Andromeda? Silahkan komen agar kami dapat mengetahuinya.
Terimakasih


Share on Google Plus

About indra

Penulis adalah seorang yang hobi dengan dunia Teknologi. Seorang yang suka mengoprek "PC/software" dan reparasi elektronik.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com