ROM (Read Only Memory)

Rom( Random Acces Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja datanya atau programnya. Pada personal komputer, ROM terdapat pada BIOS ( Basic Input Output System) yang terdapat pada motherboard yang berfungdi untuk men-setting
peripheral yang ada pada system komputer

Contohnya : AMIBIOS, Award BIOS, dan lain-lain.

ROM Untuk bios terdapat beragam jenis, diantaranya Flash EEPROM BIOS yang memiliki kemampuan untuk dapat diganti programnya dengan software yang disediakan oleh perusahaan pembuat motherboard yang umumnya penggantian
 tersebut untuk peningkatan unjuk kerja dari peripheral yang ada di Motherboard.

Dari jenis ROM, terdapat 2 jenis yang paling banyak digunakan yaitu: EEPROM (Electrically  Erasable Programmable Read Only Memory) dan  EPROM ( Erasable Programmable Rad Only Memory).

Dalam EEPROM, program yang telah diisi ke dalam Chip ini dapat dihapusdan diisi kembali menggunakan pulsa listrik, sedangkan EPROM, program yang ada dalam Chip ini dapat dihapus dan dapat di is kembali menggunakan sinar infra merah.

Pada EEPROM, virus dapat ,asuk dan merusak isi program baik sebagian maupun keseluruhan program yang
tersimpan pada BIOS sedangkan EPROM, virus tidak dapat merubah atau merusak sebagian atau keseluruhan isi dari program tersebut.
Share on Google Plus

About ITBKES MuTu Blog

Penulis adalah seorang yang hobi dengan dunia Teknologi. Seorang yang suka mengoprek "PC/software" dan reparasi elektronik.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com