Tips dan Trik Membeli Macbook Bekas


Siapa coba yang tidak mengenal macbook? Hampir semua pasti mengenal. Macbook merupakan produk keluaran apple dalam ranah personal computer/laptop. Bukan merupakan hal yang baru bahwa Macbook memiliki eksklusifitas tersendiri bagi pemakainya. Mengapa? Karena Macbook memiliki semua hal yang mampu membuat pemakainya merasakan eksklusifitas, seperti halnya operating system yang berbeda dibanding laptop/pc lainnya yaitu Macintos, selanjutnya dari sisi harga memang macbook berharga cukup fantastis hingga puluhan juta dibanding laptop lain dengan spek yang sama
Untungnya dengan berjalannya waktu kini kalian dapat menemukan Macbook dengan harga yang cukup miring, coba lihat iklan berikut!
Dari iklan dapat dilihat macbook bekas sekarang bisa kalian beli hanya seharga 3,5 juta, kalau bodi yang agak mulus bisa mengambil pada harga 4,5 juta. Namun, perlu di ingat bahwa macbook dengan harga tersebut memiliki spek prosessor yang tergolong lama yaitu menggunakan Intel Core 2 duo. Tidak usah kawatir karena macbook terkenal memiliki software yang terintegrasi bagus dengan hardware sehingga performa tidak akan kalah dengan laptop windows yang baru, apalagi jika anda hanya menggunakan macbook untuk keperluan office.
Sebelum anda meminang macbook bekas ini, perlu kalian perhatikan beberapa hal. Anda jangan gelap mata setelah melihat harga dari macbook yang murah tersebut. Kalian harus melakukan beberapa hal ketika membelinya. Apakah Itu? Simak berikut ini!


BODY DAN BAUT
Hal yang paling pertama bisa kalian amati sebelum membeli macbook bekas adalah Bodi, lihat apakah bodi terdapat lecet atau masih mulus. Bodi macbook yang mulus tentu saja menjadi nilai plus ketika anda membeli macbook bekas. Kecenderungan memilih body yang mulus tentu saja bergantung pada selera kalian masing-masing. Jika anda mementingkan kondisi mesin macbook, mungkin hal ini bisa bisa menjadi kriteria kedua kalian.
Selanjutnya dalah baut pada body dasar macbook. Balik macbook anda dan perhatikan bautnya, apakah baut masih mulus atau enggak. Untuk macbook tahun 2012 kebawah biasanya masih memakai baut bentuk plus, yang lebih baru sudah menggunakan baut bentuk bintang. Tanyakan kepada pembeli jika kalian menemukan baut yang tidak utuh, pernah dibuka ya bang? Lalu tanyakan alasan membuka macbook! Karena rusak atau cuman Karena misal menambah/mengganti ram. Kalau cuma mengganti ram/menambahnya saja masih aman, tapi jika akibat servis ini baru jadi catatan minus


PORT USB
Macbook hanya memiliki dua port usb bisa di kiri semua atau di kanan kiri. Sebaik kalian membawa flasdisk atau hardisk ketika akan membeli macbook bekas, agar kalian bisa mengecek usbnya.
Colokkan flashdisk/hardisk portable ke usb, lalu buka finder lihat apakah hardisk/FD kalian kedetek atau enggak.



WIFI BLUETOOTH BATTERY

Yang paling penting nih kalian harus mengecek WIFI dari macbook, mudah saja kalian cuma harus membawa smartphone yang mendukung fitur tetering wifi hotspot. Lebih bagus lagi jika kalian mememiliki iphone, selain mengecek wifi kalian juga bisa langsung mengecek Bluetooth dari macbook.
Aktifkan WIFI hotspot anda selanjutnya sambungkan macbook ke wifi, klik tanda wifi di macbook kalian, ada di pojok kanan atas. Selanjutnya adalah baterai, laptop tanpa baterai bagaikan sayur tanpa garam, ini mah bukan laptop tapi pc, gak pantas kan bawa macbook mau hidupin malah bingung cari colokan listrik. Cara melihat status baterai sangatlah mudah, anda cukup mengklik icon apple macbook di pojok kiri atas, lalu pilih about this mac selanjutnya klik systems report, dan pilih power.

 

Lihat CC (cycle dari baterai) apakah masih bagus atau enggak. Macbook sebenarnya sudah mendesain baterai laptopnya agar masih bisa dipakai pada cycle 2000, tapi hal ini tidak bisa jadi acuan. Kenapa? Karena baterai juga memerlukan kalibrasi untuk menyesuaikan jumlah cycle, hal ini tak terlepas pada produk baterai buatan apple. Cara terjitu mengetes baterainya adalah menggunakan macbook sampai dengan baterai mendekati 20%, dan kalian menghitung secara manual dari penggunaan laptop dengan baterai. Ada aplikasi khusus di app store untuk melihat status baterai, tapi merupakan hal sulit untuk meminta ijin ke penjual untuk menginstalnya

KEYBOARD DAN DISPLAY
Hal terpenting lain yang harus kalian cek adalah keyboard dan display. Cek apakah tombol-tombol keyboard dapat berjalan dengan normal, tidak ada yang mati. Lalu cek apakah backlight dari keyboard masih menyala atau enggak. Canya tinggal kalian buka aplikasi office atau pengetikan yang lain, lalu coba satu-satu tombol dikeyboard apakah semua tombol dapat berjalan atau tidak?

Selanjutnya adalah display, cek display dapat kalian lakukan dengan pertama-tama mengganti background menjadi putih atau hitam, kalian cari apakah terdapat dead pixel atau tidak jika tidak berarti aman.
thetechnews.com

Selanjutnya masih di display, kalian cek apakah grafis berjalan lancar, maksudnya adalah melihat current device yang dipakai macbook mengolah grafis. Cara Simpelnya adalah kalian buka system preferences lalu pilih dock, lakukan centang magnification. Lalu mainkan mouse anda di dock dengan menggeser ke kanan dan kekiri, jika pembesaran icon berjalan normal tanpa lag maka dapat dinyakinkan bahwa vga dari macbook masih normal




AUDIO JACK
Audio jack, merupakan jack penting buat kalian untuk mendengarkan music. Saya sarankan membawa headset untuk mengecek jack audio macbook ini. Cara cek kedua adalah dengan membuka system preferences, lalu pilih audio, nah di jendela audio, output audio harus internal speaker build in, bukan audio digital. Jika audio digital, tanyakan ke penjual, bang bagaimana cara gantinya e internal speaker build in, kalau memang ga bisa jangan dibeli gan ada kemungkinan kerusakan pada mesin macbook.


Ok gan, sekian dulu untuk tips dan trik membeli macbook. Masih terdapat artikel mengenai tips dan trik membeli  macbook bekas lainnya. Kenapa gak dijadikan satu? Jelas biar gak panjang, ini udah 3 halaman gan. Kunjungi part 2nya kawan. Thanks

Share on Google Plus

About indra

Penulis adalah seorang yang hobi dengan dunia Teknologi. Seorang yang suka mengoprek "PC/software" dan reparasi elektronik.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com